Madu Berbahaya??

Madu yang merupakan cairan manis yang berasal dari lebah atau nektar bunga memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh manusia baik dari segi kesehatan atau kecantikan.
Cairan yang kaya manfaat ini ternyata ada bahayanya??

Bahaya madu tidak untuk orang dewasa melainkan untuk anak usia di bawah 1 tahun. Mengapa demikian???

Salah satu kandungan madu yaitu Clostridium Botalinum yang sangat bermanfaat untuk orang dewasa karena dapat meremajakan kulit dan menghilangkan kerutan.  Namun untuk anak dibawah 1 tahun kandungan tersebut sangat berbahaya.  Kandungan tersebut dapat menimbulkan racun botalinum.  Racun tersebut mepengaruhi prncernaan si kecil karena pencernaan bayi belum sempurna.  Kadar asam dalam usus si kecil masih lemag dan tidak dapat menangkal efek negatif racun tersebut.

Efek yang ditimbulkan dari racun tersebut adalah keram perut,  diare,  mual,  dan muntah.  Beberapa dokter bahkan menyatakan racun tersebut dapat menyebabkan kematian.

Sebetulnya anak usia 1 tahun pun belum boleh mengkonsumsi madu secara rutin.  Anak usia 1 tahun hanya boleh diperkenalkan dengan rasa madu.  Dalam satu minggu hanya sekali pemberian madu 1 sendok teh.  Setelah lewat dari 1 tahun atau mulai menginjak umur 2 tahun barulah diperbolehkan mengkonsumsi dalam jumlah lebih banyak.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment