Chromium OS Solusi Laptop/Komputer Jadul

Seruaninformasi-Mungkin anda sudah sering mendengar seputar Chromebook, bahwa laptop murah dengan software Chrome OS tersebut telah menjadi laptop favorit di berbagai sekolah di Amerika Serikat. Sabtu (20/02/2016)

Harga yang terjangkau serta dukungan software untuk keperluan pengajaran, tersedia secara gratis dan sekolah-sekolah kebanyakan mengganti laptop Windows ataupun iPad dengan Chromebook.

Hampir separuh dari tiap kelas di berbagai sekolah di seluruh Amerika Serikat kini telah menggunakan Chromebook.

Kabar baik baru bagi sekolah-sekolah dan juga Google, dan walaupun mungkin menjadi kabar buruk bagi para produsen Chromebook rekanan Google.

Sebuah startup asal New York yaitu Neverware telah sukses mengembangkan software keren yang mampu menyulap komputer/laptop lama yang sudah jarang (atau bahkan mungkin tak pernah) dipakai gara-gara terlalu lambat menjadi sebuah Chromebook yang sangat cepat.

Secara teknis, komputer/laptop yang menggunakan Chrome OS lebih cocok disebut sebagai Chrome/Chromium laptop, mengingat merk dagang Chromebook telah dipatenkan untuk para produsen hardware rekanan Google saja

Software ini dijuluki sebagai CloudReady, dan proses instalasinya sangat mudah; mirip seperti ketika Anda menginstall Windows.

Pengguna cukup mengunduh file installer dalam bentuk .zip via website Neverware serta aplikasi Chromebook Recovery Utility, lalu menyimpannya di USB flashdisk untuk menjadi installer. Pengguna kemudian cukup melakukan booting via USB, lalu menjalankan proses instalasi seperti biasa.

Setelah proses instalasi selesai, pengguna akan mendapati bahwa laptop/komputer kini memiliki Chromium, yang tak lain adalah versi open-source dari Chrome OS.

Tak perlu khawatir akan kualitasnya, karena seluruh pengoperasian, aplikasi serta layanan yang hadir akan sama persis dengan yang ada di Chromebook. Yang lebih keren lagi, Chromium bisa hadir bukan sebagai OS pengganti Windows, dan Anda akan memiliki opsi dual-boot di komputer Anda, tanpa harus menghapus apapun (kecuali sisa ruang kosong di HDD sudah menipis tentunya).

Jika Anda berminat untuk mencobanya, CloudReady tersedia secara gratis untuk pengguna perseorangan dan bisa Anda unduh langsung via website resmi Neverware. Untuk sekolah atau institusi lain, Neverware bakal mengenakan tarif lisensi untuk pemakaiannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment