Mempertahankan Lebih Sulit Dibanding Mendapatkan ?

Dalam hal pekerjaan atau hubungan atau apapun yang dicapai dengan yang namanya proses terasa berat apabila belum mendapatkannya.  Namun,  proses mendapatkan suatu hal itu jauh lebih mudah dibandingkan dengan mempertahankan apa yang telah kita dapatkan. 

Untuk mendapatkan pekerjaan,  kita harus melewati masa pendidikan terlebih dahulu kemudian mnedaftar sana sini atau harus mencari link dahulu atau apapun itu usaha untuk mendapatkan pekerjaan.  Bagi yang ingin berwirausaha butuh proses pencarian modal,  pengetahuan,  dan gak jarang harus merugi dahulu sebelum mendapatkan keuntungan. 

Dalam hubungan,  proses untuk mendapatkan berbagai macam ada yang harus berkenalan lebih lama dahulu ada yang sekali ketemu langsung dapat dan beragam usaha yang dilakukan termasuk mengucap janji-janji manis. 

Apakah kalian tahu proses mendapatkan sesuatu itu belum ada apa-apa nya dari proses mempertahankan? 
Dalam pekerjaan setelah mendapatkan,  kita harus belajar lagi mengenai lingkungan kerja,  atasan,  bawahan,  resiko dan tantangan dalam pekerjaan itu.  Bertahan dalam pekerjaan tidak mudah,  ada banyak hal yang akan menjadi ancaman baik internal maupun eksternal.  Diperlukan kemampuan yang lebih untuk tetap bertahan pada suatu pekerjaan. 

Dalam hubungan, baik hubungan pertemanan,  keluarga, pasangan hidup,  atau calon pasangan hidup yang telah didapatkan harus kita jaga agar bertahan selamanya.  Butuh komitmen untuk memegang janji-janji berdua yang telah diucapkan dan disepakati bersama,  perlu adanya komunikasi yang lancar,  perlu adanya pemahaman sifat satu sama lain.  
Lebih berat mempertahankan dibanding mendapatkan,  karena butuh upaya ekstra agar tetap bertahan.  Namun,  bagaimana apabila satu pihak ingin bertahan sedangkan pihak lainnya ingin pergi??? Terlebih karena alasan faktor eksternal (ada yang lain)??? 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment