Program Guru Pembelajar Pasca UKG


Seruaninformasi - Tahun 2015 lalu, telah diadakan program UKG untuk peningkatan kualitas guru di Indonesia. Pasca UKG tersebut munculah program Guru Pembelajar. Guru pembelajar adalah guru yang senantiasa belajar selama dia mengabdikan dirinya di dunia pendidikan. Seorang guru harus mengupgrade dirinya sesuai perkembangan pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang.

Pada tahun 2015 nilai standar minimum UKG hanya 55 poin, sedangkan pada tahun 2016 ini nilai standar minimum UKG ditingkatkan menjadi 65 poin. Untuk itu pemerintah mengadakan program pelatihan guru pembelajar. Metode pelatihan guru pembelajar ada tiga yaitu:

1. Tatap Muka
2. Full Daring atau online penuh
3. Campuran atau kombinasi antara tatap muka dan online 

Pada metode tatap muka, peserta akan dibimbing dan diberi arahan oleh seorang mentor atau pengampu. Pengampu memberi arahan mengenai metode full daring dan modul. Selesai tatap muka, peserta melakukan metode full daring. Pada metode full daring ini peserta harus mempelajari modul, dan materi-materi yang ada pada sim guru pembelajar. Peserta akan mendapat materi dan lembar kerja yang dilakukan secara online. Metode terakhir yang ditempuh peserta yaitu campuran.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment