Video : Detik-detik Peluncuran Satelit BRIsat

Seruaninformasi - Arianespace merekam semua kegiataan saat meluncurkan satelit perbankan pertama di dunia milik PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), BRIsat.

Setelah mengalami empat kali penundaan, BRIsat akhirnya diluncurkan sesuai jadwal terakhir yakni Minggu pukul 04.39 WIB, atau Sabtu (18/6) pukul 17.30 WIB waktu Kourou, French Guyana, Amerika Selatan.

Dalam peluncuran tersebut, satelit BRIsat dibawa oleh roket Ariane 5 berdaya angkut 10 ton, satelit dengan 45 transponder tersebut juga akan dilepaskan oleh roket peluncur di angkasa, dan memulai proses menuju slot orbit Geostationary yang membutuhkan waktu hingga 20 hari.

Rencananya BRIsat akan menempati filing orbit satelit 150.5o BT dengan dua frekuensi, C band dan KU band. C band akan digunakan untuk transaksi keuangan dan KU Band untuk komunikasi non keuangan.

Setelah BRIsat menemukan orbitnya, perusahaan manufaktur BRIsat asal Amerika Serikat, Space System/Local (SSL) akan menyerahkan secara resmi satelit tersebut ke BRI untuk dioperasikan langsung oleh sumber daya manusia BRI.



Source : CNN
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment